Tidak ada kecemasan dan kekecewaan sama sekali dalam perjalanan kembali ke rumah di Bekasi, dimana kekurangan satu satunya dalam mempraktekkan mindful riding saat itu hanya, sifat pelupa saya masih belum hilang, mungkin karena tehnik meditasi kesadaran saya belum terlatih saat itu.
==MINGGU 9/12/2018==
Dalam perjalanan bermotor dari kampung Saya menuju Pura Gualawah & Pura Penataran Agung Besakih untuk mengikuti rangkaian Upacara adat Ngeliggihan Dewa Pitara & Nyegara Gunung; Tas slempang / tas pinggang saya terjatuh dan hilang entah dimana ??
Adapun tas pinggang tersebut, berisi :
1) Dompet dengan surat2 penting :
- eKTP, STNK motor, SIM A, SIM C, ATM BRI, NPWP
- eMoney Brizzi saldo 400ribuan & Mandiri saldo 26rb
2) HP plus charger
3) SDHC Kamera 32 GB & 2 buah microsd HP 32
4) Uang cash kisaran 800rb
![]() |
Surat Laporan Kehilangan |
Analisa saya, karena saat itu saya sedang demam tinggi dan ribet untuk pertama kalinya memakai baju adat sambil membawa motor laki, saya jadi kehilangan perhatian akan tas Pinggang saya, padahal masukin Box motor saja kan aman tidak akan jatuh.
==RABU 12/12/2018==
Siang itu Saya harus kembali ke Bekasi dari Kampung Saya di Gianyar, Bali, tanpa satu identitas pun, tanpa HP, tanpa ATM, dengan hanya bermodal Surat kehilangan & uang Rp 500.000.
Nominal yang sangat kurang, karena setelah dihitung, biaya yg dibutuhkan :
1) Oli Mesin = Rp 50.0000
2) eMoney = kartu baru + Saldo = Rp 72.000 (padahal tiket ferry untuk motor hanya Rp 24.000, tapi wajib bayar dgn eMoney Bank pemerintah).
3) Bensin Pertalite = Rp 235.000
Berarti saya hanya punya sisa Rp143.000 untuk makan, minum, kopi, rokok dan ngemil selama 35 jam riding, sungguh jumlah yang sangat minim.
Sebenarnya bisa saja Saya menerima tawaran saudara & kerabat untuk meminjam uang mereka, tapi prinsip Saya tidak mau menyusahkan orang lain, kecuali benar benar keadaan darurat (toh jika benar2 darurat saya juga ada beberapa kenalan di Kota2 yg akan saya lewati nanti.
Mengingat Saya sudah puluhan kali riding balik ke Jakarta dengan cara berhemat, apalagi Andini (motor saya) tidak sekalipun pernah rewel dijalan selama ini, Saya tetap berangkat dengan penuh keyakinan, tenang dan super percaya diri.
Sekitar 1 Km Selepas kota Tabanan, ada sedikit insiden kecil yang melibatkan Saya dengan seorang ABG bermotor Sport 250 cc ugal ugalan, untungnya Keajaiban berhasil menyelamatkan saya dari kecelakaan.
Menjelang masuk Kota Negare, ada sediit keramaian; ternyata ABG si pengemudi ugal ugalan tadi, sudah tergeletak bersimbah darah di tengah jalan.
Setibanya saya di Pelabuhan Gilimanuk, ternyata; hanya dengan berbekal "surat kehilangan", saya lancar lancar saja melewati 2 lapis pemeriksaan (Pecalang & Polisi).
Sungguh beruntung pula Saya kali itu, ternyata mesin GDC nya sedang offline, jadi bisa bayar cash 24rb tanpa harus membeli kartu baru eMoney lagi.
Artinya saya save 48rb dan uang saya bertambah jadi 143rb + 48rb = 191rb.
Ketika akan keluar dari Pelabuhan Ketapang, saya sempat bimbang; belok kiri (via selatan) atau belok kanan (via utara), sehubungan sedang ada perbaikan gorong gorong di Situbondo-Probolinggo (dekat Paiton) ditambah saya masih trauma terkena kemacetan maha dahsyat saat berangkat yang disebabkan banjir tinggi, 2 titik perbaikan jalan dan perbaikan jembatan kaligawe di Semarang.
Dengan pertimbangan uang yg tipis, akhirnya saya putuskan via utara saja, dikarenakan lewat selatan lebih jauh, lebih lama serta menguras bensin dan uang makan lebih banyak.
Perjalanan dari Pelabuhan Ketapang sampai Tuban relatif lancar sekalipun saya selalu ditemani hujan deras tanpa henti sampai Kota Lamongan, hanya sayangnya; tangki di perut saya mendadak jadi jauh lebih boros dari tangki motor saya, dimana setiap 4 jam selalu minta diisi minimal 2 piring nasi, mungkin karena setelah sempat sakit tenggorokan disertai demam tinggi sejak sebelum berangkat ke Bali, saat itu kondisi saya mulai pulih yg biasanya justru membuat napsu makan saya jadi menggila tanpa ada pengertian sama sekali terhadap kondisi keuangan yg tipis.
Entah kenapa? sepanjang melintasi Jawa Timur, selalu terbayang : Pecel Pitik (Khas suku Osing) di Kota Banyuwangi), Nikmat Rasa, Pasuruan (seafood) dan Pecel Tumpang di depan Polsek Krian (Sidoarjo)...kali ini hanya bisa menelan ludah sambil mengelus perut.."yang sabar ya rut"...
==KAMIS 13/12/2018==
Memasuki Banjarjo (Kecamatan paling barat dari prov jatim), ada kemacetan yg maha dahsyat dimana motor sekalipun nyaris tidak bisa lewat, bukan 1 - 2 km, tapi puluhan kilometer, menghabiskan waktu lebih dr 3 jam untuk melewatinya, padahal tidak ada apa2, hanya banyak truk yg parkir dan tiduran. Untungnya selepas pasar Layur (Batas Jatim - Jateng), kemacetan mencair.
Di Rembang, Saya yg tdk memiliki HP untuk mencari info lalulintas, memutuskan utk berhenti makan di arah jalur berlawanan (arah Semarang - SBY), agar bisa mendapat Info dari para sopir yg dari arah Semarang ttg kemacetan dan banjir.
Selesai makan saya langsung melanjutkan perjalanan dan 15 menit kemudian,,,, KOK KOTA REMBANG LAGI ??Emangnya mau balik ke Bali lagi?
Saya baru sadar, ternyata sehabis makan tadi, saya lupa memutar balik ke arah JKT....
Memasuki Semarang, ternyata benar info dari sopir2 truk di Rembang tadi, kalau ternyata banjir sudah surut dipompa keluar dari jalan, kemacetan juga masih wajar karena arus lalulintas dibuang kekiri untuk mengurangi kemacetan, yasudah, sekalian saja saya memutar via Kota Atas, toh sekalipun jauh, tapi saya lolos dari 2 titik kemacetan dan tinggal menghadapi yg satu lagi.
Setibanya di Alas Roban, saya ambil kanan akan via jalur lama, tapi ternyata semua jalur tertutup kendaraan dari arah Jakarta (barat) yang macet total mengular puluhan kilometer, sepertinya ini efek perbaikan jembatan dan jalan diantara Kendal - Semarang, yasudah saya putar balik via jalur baru melingkar saja..."hmm kasihan mereka yg kearah timur"
Selepas Pekalongan, lalulintas lumayan lancar ditengah hujan deras yg tetap setia, hanya ada 3 titik perbaikan jalan di wilayah Jawa Barat saja yang sedikit menghambat.
Hal terberat justru saat melewati rumah makan padang yg memajang gulai tunjang, usus, cincang serta paru favorit saya.
Hal tsb mengingatkan saya akan nostalgia jalan2 jaman SMA & kuliah dahulu kala, dimana saya sering ngeces didepan kaca RM Padang memandangi lauk lauknya tapi tidak punya uang, terpaksa ujung2nya makan sayur tahu, telor & kerupuk doang di Warteg..😆
Akhirnya jam 23.00 wib, saya tiba di Bekasi Kota (35 jam) dimana biasanya hanya 28-30 jam saja..mungkin karena perut lapar dan mulut asem pingin ngerokok, konsentrasi dan stamina saya jadi jelek, otomatis speed motor selain jadi lambat juga tidak konsisten.
Sampai dirumah saya baru teringat, kalau saat Touring ke Dilli (timor leste) oktober 2017, saya menyelipkan 5 lembar seratus ribuan yg dibungkus plastik dan dilipat di kotak toolkits motor buat jaga2...dan ternyata masih ada...........tau gitu gw ga harus kelaparan dari Gianyar ke Bekasi tadi @3@####
Salam Rahayu.
=Tambahan beberapa foto & Video dari touring periode 2018 s.d 2020 yang saya ambil secara Random=
![]() |
Danau Buyan Sisi utara |
![]() |
Danau Buyan Sisi utara |
![]() |
Desa Avabng |
![]() |
Desa Belantih |
![]() |
Desa Catur |
![]() |
Jemeluk. Amed |
![]() |
Jemeluk. Amed |
![]() |
Jemeluk. Amed |
![]() |
Jemeluk. Amed |
![]() |
Jemeluk. Amed |
![]() |
Jembatan Tukad Bangkung |
![]() |
Sunset Uluwatu |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar